Penerapan Metode Iqra pada Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur'an di Madrasah Ibtidyah Swasta Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.12700239Kata Kunci:
Teacher's role, Independent Curriculum, Developing social attitudesAbstrak
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditumbuh kembangkan bagi setiap individu Muslim, karena terkait langsung dengan ibadah ritual seperti shalat, haji dan do’a. Inilah yang menjadi argumentasi mendasar ditetapkannya ketrampilan membaca sebagai prioritas pertama dan utama dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan metode Iqra pada pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidyah Swasta Muhammadiyah 3 Al Furqan dan untuk mengetahui hasil pemahaman Baca-Tulis Al-Qur’an melalui metode Iqra di Madrasah Ibtidyah Swasta Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Penerapan Metode pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidyah Swasta Muhammadiyah 3 Al Furqan Banjarmasin a) Privat telah diterapkan pada pembelajaran yang dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Al Furqan, b) Klasikal juga telah diterapkan pada pembelajaran yang dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Al Furqan, c) Bentuk Mandiri Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Al Furqan belum menerapkannya. 2. Hasil Pemahaman Baca-Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqra Di Madrasah Ibtidyah Swasta Muhammadiyah 3 Al Furqan adalah dengan adanya beberapa upaya guru. Ada beberapa upaya yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam meningkatkan pemahaman baca Al-Qur’an melalui metode Baca-Tulis Al-Qur’an, diantaranya: a) Pemberian Kartu Prestasi Siswa (KPS) yang berfungsi untuk mengetahui seberapa tingkat kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa dan b) Tes Evaluasi sebagai upaya pengajaran dapat mengetahui secara langsung bagaimana siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik, fasih, dan sesuai dengan kaidah-kaidah dalam ilmu tajwid, serta dapat diketahui hasil yang benar-benar asli sehingga tidak terjadi adanya rekayasa dalam tets evaluasi tersebut. Dan ini dapat diketahui kualitas bacaan siswa yang sesuai dengan kaidah tajwid
Referensi
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data. SDIT, A. T. (n.d.). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik.
Kristi Wardani. (2010). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Guru.
Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., & Amini, Q. (2020). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa. Pandawa, 2(1), 61–69.
Magdalena, I., Julya Fatharani, Salsa Adinda Oktavia, & Qonita Amini. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dam Dakwah, 2(1).
Miranda Astuti. (2017). Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Perilaku Sosial Siswa Kelas VII di MTs Nurul Wathan Remajun Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi.
Nasution, A. F. (2023). Hambatan Dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal On Education, 5(4).
Nasution, S. (1966). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bumi Aksara.
Nasution, S. (1983). Sosiologi Pendidikan. Jemmars.
Nursambi, & Jumardi. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5).
Nursamsi. DJ, J. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 8341–8348.
Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jurnal Pendidikan.
Rasyid,R.,Marjuni,M., Achruh,A.Rasyid,M. R, & Wahyudin, W. (2020). Implikasi Lingkungan Pendidikan Terhadap Perkembangan Anak Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Siswanto, E., Switri, E., Pattiasina, P. J., Gianistika, C., Chairudin, M., Susilatun, H. R., & Nurasiah, S. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER.
Siswoyo, D., & dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. UNY Press.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Utoyo Bambang, B., Herliyani, H., Sari Juanita, S., Suparini, S., Darminto, D., Samining, S., Susilowati, S., Waswat, W., Mulhatim, M., & Siregar Jese, J. (2019). Borneo: jurnal ilmu pendidikan LPMP Kalimantan Timur edisi khusus Volume XIII No. 38 2019. LPMP Kalimantan Timur.
Wahyuningsih, T. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Tematik di Kelas 3 MI GUPPI Sidomulyo Pacitan. IAIN Ponorogo.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.



