TEORI KONSUMSI DALAM EKONOMI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.13208672Kata Kunci:
Kata Kunsi : Teori Konsumsi, Perilaku Konsumen, Ekonomi IslamAbstrak
Abstrak
Ekonomi Islam memandang bahwa konsumsi didasarkan pada kebutuhan, bukan keinginan, sehingga membedakannya dengan ekonomi konvensional. Islam melarang pemborosan dan menyamakannya dengan perilaku setan. Konsumsi dalam Islam difokuskan pada kebutuhan, bukan keinginan, untuk mencegah pemborosan dan mendorong perilaku bertanggung jawab. Islam menekankan penggunaan sumber daya yang moderat dan bertanggung jawab dalam pola konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana literatur ekonomi mikro Islam menggambarkan teori konsumsi. Penelitian ini adalah ulasan literatur kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menganalisis jurnal, buku, dan sumber lain yang relevan dengan subjek penelitian.
Referensi
Jafari, Ali akbar, and Ahmet Suerdem. “The Sacred and the Profan in Islamic Consumption.” Advances in Consumer Research 39 (n.d.): 2011.
Kholidah, Nur. “Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam Pada Perilaku Konsumen Muslim,” n.d.
———. “Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam Pada Perilaku Konsumen Muslim.” Jurnal.Stiemuhpekalongan.Ac.Id, n.d.
Khusaini, Mohammad. “Ekonomi Mikro: Dasar-Dasar Teori,” 2. Malang: universitas Brawijaya press UB Pressuniversitas Brawijaya press (UB Press), 2013.
Muhammad. “Ekonomi Mikro (Dalam Persfektif Islam),” 22. Yogyakarta: BPFE, 2005.
Muslih, Muhammad. “Perilaku Konsumen Dalam Prespektif Ilmu Ekonomi Islami,” 19. Jakarta: RajaGrafindo Prasada, 2006.
Pujiyono, Arif. “Teori Konsumsi Islam, (Dinamika Pembangunan)” 3, no. 2 (n.d.): 198.
———. “Teori Konsumsi Islam, (Dinamika Pembangunan )” 32 (n.d.): 200–201.
———. “Teori Konsumsi Islam.” Dinamika Pembangunan 3 (2006): 2.
Rahim, Hainnur Aqma, and Keynes. “Consumption Theory: A Reevaluation According to the Islamic Perspective.” GJAT 8, no. 17 (2018).
Ridwan, Muannif, Suhar AM, and Dkk. “Pentingnya Literature Reviuw Pada Penelitian Ilmaiah.” Mashohi 2, no. 1 (2021): 42–45.
Rosyida, Sabila, and A’yun Nadhira. “Islamisasi Teori Konsumsi Masyarakat Muslim Modern.” Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 1 (2019): 8–25.